Rabu, 21 Maret 2012

Psoriasis

Psoriasis sampai saat ini belum diketahui penyebabnya, walaupun telah ditemukan gen yang bermutasi pada penderita. Penyakit ini dapat mengenai segala usia dan kedua jenis kelamin dengan kemungkinan yang sama. Prevalensinya diperkirakan mengenai 1-2% penduduk dunia.

Psoriasis, Apakah itu?
Psoriasis adalah penyakit autoimun yang mengenai kulit, ditandai dengan sisik yang berlapis berwarna keperakan, disertai dengan penebalan warna kemerahan dan rasa gatal atau perih. Bila sisik ini dilepaskan maka akan timbul bintik perdarahan di kulit dibawahnya.

Psoriasis, Dimanakah sering timbul?

Psoriasis Pada Kuku

 


Psoriasis sering timbul di kuku, dimulai dari bintik putih pada kuku sampai ke penebalan kuku, juga mengenai kulit kepala (skalp) ditandai dengan sisik besar dan penebalan dengan warna kemerahan yang akan melewati batas rambut. 

Psoriasis Pada Kulit Kepala



 
Psoriasis sering juga mengenai siku dan lutut, walaupun dapat juga mengenai wajah, lipat lutut dan siku, genitalia, telapak tangan dan kaki, sesuai tingkat keparahannya penyakit ini bisa meluas keseluruh tubuh (eritroderma) yang akan menimbulkan kegawatan dan dapat mengancam jiwa.


Psoriasis, Apa gejalanya?

Gejala psoriasis adalah timbulnya bercak-bercak merah yang di atasnya terdapat sisik-sisik putih tebal dan menempel berlapis-lapis. Akibatnya, kulit yang menderita psoriasis memiliki batas yang tegas dengan kulit yang normal. Bila digaruk, sisik-sisik tersebut akan rontok. Mula-mula, luas permukaan kulit yang terkena hanya kecil. Makin lama, luasnya makin melebar.



Psoriasis, Apakah hanya diderita wanita?

Tidak ada fakta yang menunjukkan bahwa penyakit ini lebih dominan menyerang salah satu jenis kelamin. Pria maupun wanita memiliki peluang yang sama untuk terserang penyakit ini.



Psoriasis, bagaimana cara mengobatinya?

Menurut beberapa referensi yang kami dapatkan, Psoriasis Sampai saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan psoriasis secara total.


Pengobatan psoriasis, baru bisa mengurangi keparahan (derajat kemerahan, ketebalan, dan sisik) sehingga kondisi kulit tidak mengganggu kehidupan si penderita. Bila pengobatan dihentikan, biasanya penyakit akan kambuh kembali sehingga harus dilanjutkan dengan pengobatan pemeliharaan.


Pengobatan psoriasis, dilakukan secara bertahap dengan obat topikal (oles), obat sistemik (minum), penyinaran (ultraviolet), laser dan obat biologik. Pemilihan mempertimbangkan efektifitas, toksisitas, kemampuan penderita (harga mahal atau berulangkali dan berkelanjutan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar